Gelatik batu

Assallamu alaikum wr.wb
Hallo sahabat kicau..!!!
Kali ini kita akan membahas tentang burung gelatik batu ..
Gelatik batu


Sahabat burung gelatik batu merupakan burung yang sangat lincah, bersuara indah, dan perawatannya tergolong sangat mudah ..

Burung gelatik batu dalam bahasa sunda di sebut dengan nama jingjing teureup, burung ini bernama latin (major marus) dulu di daerah kami burung ini sangat banyak berkeliaran di halaman rumah, pekarangan, bahkan sampai bersarang di rumah2, kita bisa mendengarkan suaranya di pagi dan sore hari ..
Tapi semua itu hanya tinggal cerita, karena keserakahan orang-orang yang tidak bertanggung jawab kini burung gelatik batu sulit untuk kita temukan, sulit untuk kita bisa mendengarkan suara-suara kicaunya di alam liar yang sangat merdu ..

Tapi jangan khawtir seiring berjalannya waktu kini burung gelatik sudah banyak di tangkarkan atau di ternak oleh para penghobi kicau .. burung ini sangat buanyak peminatnya mungkin karna suaranya yang indah nan merdu ..
Sahabat tertarik untuk memelihara burung ini ..?? Sahabat harus mengenali dulu semua tentang burung gelatik batu ini ..!!
Dari mulai ciri-cirinya, cara merawatnya, suaranya dll ..

     ● Ciri-ciri gelatik batu
Secara umum kita bisa lihat ciri-ciri gelatik batu dengan warnanya yaitu abu-abu, putih dan hitam entah itu jantan atau betina kedunya  mempunyai warna bulu yang sama hanya saja bedanya dari garis hitam yang ada di bagian tubuhnya, jika gelatik batunya jantan maka garis hitam tersebut panjang dari mulai bawah paruh parat sampai ke ekor, 


sedangkan yang betina garis hitamnya putus hanya sampai bagian dadanya ..


Kita juga bisa mengensli gelatik batu dari suaranya, gelatik batu mempunyai suara yang khas dan keras berbunyi sebagai berikut wucit wucit wucit cicici trep entah itu jantan atau betina tapi biasanya yang jantan variasi suaranya lebih enak di dengar ketimbang yang betina ..


Jika sahabat ingin memelihara gelatik batu tentunya sahabat harus mengetahui cara merawatnya.

     ● Cara merawat gelatik batu
Perawatan gelatik batu tergolong sangat mudah dan simple, kita hanya harus menyiapkan sangkar yang cocok untuk gelatik jangan terlalu besar & jangan terlalu kecil pokoknya sangkar yang akan membuat nyaman gelatik batu kita. Sediakan juga cepuk/wadah untuk tempat makanan dan minumannya, untuk pakan pokoknya sahabat bisa siapkan voer yang halus bisa sahabat dapatkan di kios-kios burung, banyak merek-merek voer yang cocok untuk gelatik batu, dan pakan tambahannya (extra food) setiap 2x sehari sahabat bisa kasih berupa ulat hongkong atau ulat kandang pagi 5 dan sore 5, jangkrik kecil dan kroto, setiap 1 minggu sekali minimal sahabat kasih vitamin untuk gelatik yang sahabat pelihara, sahabat bisa dapatkan vitamin di kios-kios terdekat .. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membedakan Prenjak lumut jantan dan betina

Mengenal prenjak lumut